3.2.2. Formulasi Strategi Pengembangan 2011 - 2016



A.STRATEGI TUMBUH
 
A-1.Peningkatan PENINGKATAN KUALITAS, PRODUKTIVITAS dan PENGEMBANGAN KARAKTER KEBANGSAAN (Kekayaan Lokal)
 Program penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi pendukung strategi tumbuh melalui peningkatan kualitas, produktivitas dan pengembangan karakter kebangsaan sedikitnya mencakup program dan mekanisme berikut.
 
 
 
 Keterangan:
 Kode huruf dan angka pada program merujuk pada urutan program pada Rencana Akademik ITB 2011 - 2015: , R = Riset, M = Pengabdian pada Masyarakat, I = Inovasi dan Enterpreneruship; nomor: nomor urut penulisan program pada masing-masing bidang pada pada Rencana Akademik ITB 2011 - 2015. Contoh: R-1: Program Riset nomor 1.
 
A-2.Peningkatan KAPASITAS program yang ada
 Program penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi pendukung strategi tumbuh melalui peningkatan kapasitas program yang ada (dilakukan secara selektif dengan fokus pada program studi/bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan minat/kebutuhan masyarakat yang tinggi) sedikitnya mencakup program dan mekanisme berikut.
 
 
 
A-3.Perluasan TARGET SEGMEN MASYARAKAT program yang ada, dilakukan secara selektif dengan fokus pada Program Studi/Bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas dan produktivitas tinggi.
 Program penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi pendukung strategi tumbuh melalui perluasan target segmen masyarakat dari program yang ada sedikitnya mencakup program dan mekanisme berikut.
 
 
 
A-4.Pengembangan PROGRAM BARU, dilakukan secara selektif untuk Program Studi/Bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan misi strategis untuk berkontribusi pada pengembangan Ipteks dan pemecahan masalah bangsa.
 Program penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi pendukung strategi tumbuh melalui pengembangan program baru, dilakukan secara selektif untuk Program Studi/Bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan misi strategis untuk berkontribusi pada pengembangan Ipteks dan pemecahan masalah bangsa sedikitnya mencakup program dan mekanisme berikut.
 
 
 
A-5.Pengembangan PROGRAM BARU untuk TARGET SEGMEN MASYARAKAT BARU
 Program penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi pendukung strategi tumbuh melalui pengembangan program baru untuk target segmen masyarakat baru yang dilakukan dengan sangat selektif dan hati-hati dengan studi kelayakan yang baik sedikitnya mencakup program dan mekanisme berikut.
 
 
 
B.STRATEGI DIVERSIFIKASI PROGRAM DAN PENGUATAN SISTEM
Untuk mendukung diversifikasi program dan penguatan sistem, maka program pengembangan bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi sedikitnya mencakup program-program berikut.
 
 
 
C.STRATEGI PENINGKATAN KEEFEKTIFAN PROGRAM DAN SISTEM
Untuk mendukung peningkatan keefektifan program dan sistem, maka program pengembangan bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi sedikitnya mencakup program-program berikut.
 
 
 
D.STRATEGI PERUBAHAN DAN PENINGKATAN EFISIENSI
Untuk mendukung perubahan dan peningkatan efisiensi, maka program pengembangan bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi sedikitnya mencakup program-program berikut.
 
 
 




3.2.2. Formulasi Strategi Pengembangan 2011 - 2016 Home Bab IV Program Strategis, Sasaran Dan Indikator Kinerja)