Enter your keyword

Penerbitan Buku: Mengelola Risiko Bencana di Negara Maritim Indonesia

Penerbitan Buku: Mengelola Risiko Bencana di Negara Maritim Indonesia

  

 

Masih dalam rangkaian Dies Emas ITB dan 90 Tahun Pendidikan Teknik ITB, LPPM ITB dan Panitia Dies Emas menerbitkan buku Mengelola Resiko Bencana di Negara Maritim INDONESIA, yang terdiri atas 3 seri yaitu :

 

1.     Buku 1: Pengantar

2.     Buku 2: Bencana Kebumian, Kelautan, dan Atmosferik

3.     Buku 3: Upaya Mengurangi Resiko Bencana

 

Ketiga buku ini membahas mengenai bencana dan mitigasi bencana, yang keseluruhannya menghimpun pemikiran dari sejumlah staf dosen ITB sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

 

Buku pertama yang merupakan buku pengantar ini merupakan ringkasan eksekutif dari kedua buku yang lain. Pada buku kedua, dihimpun pemikiran dari sejumlah staf dosen ITB mengenai bencana kebumian, bencana kelautan, serta bencana atmospherik. Sedangkan pada buku ketiga berisi bahasan mengenai mitigasi bencana alam dalam pengertian sangat luas termasuk masalah peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bencana, segala kegiatan yang meliputi penenggulangan seperti memindahkan penduduk dari wilayah yang terancam bencana, dan memindahkan risiko ke pihak swasta, yakni asuransi.

 

Usaha penerbitan buku-buku ini merupakan kerja keras dari suatu tim yang dibentuk di bawah Komisi Permasalahan Bangsa pada Majelis Guru Besar ITB (MGB). Hampir 50 dosen ITB telah menyumbangkan pikirannya dalam penulisan buku-buku ini. Salah satu tujuan penulisan buku ini adalah memberikan sumbangan pemikiran kepada para pelaku pemerintahan serta berbagai pihak yang mempunyai tanggung jawab dalam melakukan langkah-langkah yang terencana terhadap berbagai dampak yang dihadapi oleh bangsa Indonesia berkenaan dengan bencana alam. Diharapkan pula buku ini dapat merupakan persembahan sekaligus bukti bahwa ITB peduli terhadap berbagai permasalahan yang terjadi pada masyarakat bangsa Indonesia yang disebabkan oleh bencana alam.

 

Versi pertama dari buku pengantar telah diterbitkan bersamaan dengan hari peringatan 50 tahun Institut Teknologi Bandung, tanggal 2 Maret 2009.

 

Buku I dari ketiga seri buku ini dapat didownload pada link berikut: Buku I

Daftar Isi dari seluruh buku dapat didownload pada link berikut:

Daftar Isi Buku II

Daftar Isi Buku III