Enter your keyword

Daftar Journal yang Discontinued di Scopus Tahun 2019

Daftar Journal yang Discontinued di Scopus Tahun 2019

Daftar Journal yang Discontinued di Scopus Tahun 2019

Kepada Yth.

  1. Para Dekan Fakultas/Sekolah
  2. Dekan Pasca Sarjana

Institut Teknologi Bandung

Jalan Ganesa No. 10  Bandung

 

Sehubungan  dengan  telah  beredarnya  daftar  journal  yang  discontinued  di  Scopus tahun 2019 (https://www.elsevier.com/solutions/scopus/how-scopus-works/content/content-policy-and-selection), dimana sebagian besar  journal-journal di daftar  tersebut  diindikasikan “predatory journals”, ITB sebagai institusi besar yang banyak dirujuk sebagai percontohan dalam mengelola riset, perlu menyikapi masalah tersebut secara serius.

 

Dari lebih 500 journal di daftar tersebut, ditemui 5754 artikel Indonesia yang diterbitkan dalam dua tahun terakhir (2017-2018) dan dari jumlah tersebut ada sebanyak 289 artikel yang berafiliasi ITB.

 

Sebagai pedoman, ciri-ciri journal yang terindikasi “predatory journals” dapat dikenali diantaranya dari :

  1. Peningkatan (dalam jumlah besar) artikel di tiap nomor penerbitan
  2. Cepatnya waktu acceptance, bahkan ada yang tidak mencantumkan waktu submission dan acceptance, yang mengindikasikan tidak dilakukannya review dengan layak
  3. Beberapa diantaranya berbayar cukup mahal, tetapi submission tidak melalui proses review yang layak.

Adanya sejumlah besar artikel ITB yang diterbitkan di kelompok journal tersebut akan sangat merugikan ITB baik dalam peningkatan kinerja riset maupun untuk pencapaian target-target riset, dan pemberian insentif publikasi, serta memberikan citra yang kurang positif di masyarakat luas.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, mohon para Dekan melakukan sosialisasi di kalangan dosen dan mahasiswa Pasca, dan mengidentifikasi journal-journal yang terindikasikan “predatory” dan menghindari penerbitan artikel di journal yang kelayakannya diragukan.

 

Lampiran : Journal yang discontinued di Scopus