Enter your keyword

Berita: Indonesia Journal Editors Workshop, Theme: How to Get Your Journals Indexed in Scopus

Berita: Indonesia Journal Editors Workshop, Theme: How to Get Your Journals Indexed in Scopus

Berita: Indonesia Journal Editors Workshop, Theme: How to Get Your Journals Indexed in Scopus

Dalam rangka meningkatkan reputasi jurnal nasional menjadi jurnal Internasional terindeks, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB)  mengadakan “Indonesian Journal Editors Workshop, Theme: How to Get Your Journals Indexed in Scopus” yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Juni 2014 di Hotel Millennium Sirih Jakarta, Jl. Fachrudin No. 3 Jakarta.

 

Workshop ini meliputi 2 kegiatan yaitu:

  1. Training of Trainer Tim Scopus Local Chapter for Indonesia dari wakil Editor jurnal terpilih oleh Scopus Content Selection and Advisory Board (CSAB), diadakan tanggal 16 Juni 2014, di Ruang Anggrek Lt. 2 Hotel Millennium Sirih Jakarta, dengan peserta yaitu Calon Anggota Tim Scopus Local Chapter for Indonesia yang berasal dari Editor-editor jurnal yang sudah terindeks di Scopus.

  2. Workshop Pembinaan Indeksasi Jurnal Ilmiah dari Scopus CSAB, diadakan tanggal 17-18 Juni 2014, di Ruang Java Lt. 3, Hotel Millennium Sirih Jakarta, dengan peserta yaitu Editor-Editor jurnal terakreditasi dan/atau berpotensi internasional di Indonesia).

Secara umum kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan jumlah jurnal ilmiah di Indonesia yang terindeks di beberapa pengindeks internasional bereputasi, terutama Scopus dan Thomson ISI Web of Science. Secara khusus, kegiatan ini bertujuan membentuk Scopus Local Chapter for Indonesia yang bertugas menyeleksi dan memetakan kesiapan jurnal-jurnal di Indonesia untuk terindeks di Scopus dan membina jurnal-jurnal di Indonesia agar dapat terindeks di Scopus. Kegiatan ini juga bertujuan menyeleksi jurnal-jurnal yang berhak mendapatkan Penghargaan Insentif Jurnal Terindeks.

 

Workshop dibuka oleh Prof.Dr. Agus Subekti yang merupakan Direktur Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Pembicara pada worskhop ini adalah:

  1. Prof.Dr. Agus Subekti, Dir. Ditlitabmas DIKTI: “Overview of the Indonesian Journal Landscape & setting up of the Scopus Indonesian chapter”
  2. Prof.Dr. Bambang Riyanto, Chief Editor ITB Journal: “Issues in indexing Indonesian journals in international databases”
  3. Derrick Duncombe,Customer Outreach Manager (APAC) & Lead for CSAB: “Scopus Journal selection criteria Evaluation process & Publication ethics”, “How do you suggest your title to Scopus”

  4. Prof Narongrit Sombatsompop, Head of Thai Citation Index (TCI) Council: “Overview: Thai Citation Index. How knowing the Scopus journal selection criteria helped in improving quality of Thai journals”

  5. Prof. Evan Bieske, CSAB Subject Chair for Physics & Astronomy, Chemistry, Chemical Engineering, Energy, Material Sciences: “Insights from a CSAB Subject Chair: Scopus journal evaluation Case Study”, “Brief recap of Scopus Journal Selection Criteria and Evaluation”

  6. Jo-an Chia, (TBC), Regional Sales Director (SEA), Science & Technology: “Intro to Scopus as an editor workflow tool”

  7. Elise Shen, Solution Consultant, Elsevier: “Demo on Scopus as an editor workflow tool. Topics covered include how to:Find editorial board members, Find reviewers and expand reviewer database, Identify leading researchers and invite them for paper submission,    Track references and documentation, See how your journal is doing (by issues and years) in terms of citations, papers, important authors, etc., Identify new research areas, Check what’s hot in your field (trends), Benchmark Indonesian journals against international journals”.

Workshop ini diikuti oleh 12 jurnal terindeks Scopus, serta 75 jurnal yang berpotensi untuk dapat diindeks oleh Scopus. Pada sesi working group, peserta dibagi ke dalam 6 kelompok dan diminta memilih satu diantara jurnal yang ada di dalam kelompoknya yang dianggap layak untuk terindeks di Scopus. Kemudian jurnal yang dianggap layak tersebut ditampilkan dalam bentuk file presentasi dan dipresentasikan serta dinilai oleh Prof. Evan Bieske dan Derrick Duncombe mengenai kelayakannya untuk dapat terindeks di Scopus.

 

Workshop ini dihadiri juga oleh beberapa tamu undangan, diantaranya :

  1. Prof.Dr. Eny Soedarmonowati, Kepala Pusbindiklat –LIPI
  2. Prof. Dr.Dede Rosyada, Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam
  3. Ir. Sri Hartinah, M.Si, Kepala PDII-LIPI,
  4. Lukman, ST, M.Hum, PDII-LIPI
  5. Suwitno, SE., Ka.Subdit HKI Publikasi-Dikti Kemendikbud
  6. Subandriyah, M.Pd, Kasi HKI Publikasi-Diktis Kemenag
  7. Drs. Khaeroni, M.Si, Ka.Sub.Dit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Diktis