Enter your keyword

Berita: Pameran Karya dan Produk Inovasi dalam Rangka Peringatan Dies Natalis Ke-58 ITB

Berita: Pameran Karya dan Produk Inovasi dalam Rangka Peringatan Dies Natalis Ke-58 ITB

Berita: Pameran Karya dan Produk Inovasi dalam Rangka Peringatan Dies Natalis Ke-58 ITB

Institut Teknologi Bandung, dalam rangka memperingkati Dies Natalis ITB ke-58 menyelenggarakan kegiatan Pameran Karya dan Produk Inovasi, bertempat di Aula Barat Kampus ITB pada Hari Minggu, 5 Maret 2017. Dalam pameran ini, ITB menampilkan 37 booth yang terdiri dari 12 booth Fakultas/Sekolah, 8 booth Pusat, 3 booth Pusat Unggulan Iptek, 7 booth Pusat Penelitian, ditambah 7 booth LPIK, LPPM, dan BPUDL.

Sebanyak 12 Fakultas/Sekolah menampilkan beberapa produk hasil penelitian dosen Fakultas/Sekolah, diantaranya:

  1. GMSTech (Ganesha MicroSeismic Technology) yang merupakan inovasi dalam pembuatan software dan sistem monitoring aktivitas microearthqauke (MEQ) (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan)

  2. Laminated Veneer Lumber Bermutu Tinggi dari Kayu Jabon  melalui Penambahan Nano Filler Kulit Kayu Surian untuk Meningkatkan Kinerja Perekatan (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati)

  3. Karya Seni lukis di atas kain sutera oleh John Martono (Fakultas Seni Rupa dan Desain)
  4. Pembuatan Nanokarbon Aktif Untuk Superkapasitor dari Limbah Kelapa Sawit (Fakultas Teknologi Industri)
  5. First Article Simulator Meriam (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)
  6. Investigasi Ventilasi Gaya-Angin Rumah Tradisional Indonesia dengan Computational Fluid Dynamics (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan)

Sebanyak 7 Pusat Penelitian, menampilkan beberapa produk riset unggulan para penelitinya, diantaranya:

  1. Alat Pengolah Portable Sampah Kota Menjadi Bahan Bakar dengan Kapasitas 1,5 Liter (Pusat Penelitian Energi Baru dan Terbarukan)

  2. Model Tata Kelola Megacity Di Indonesia yang Terintegrasi dan Berkelanjutan (Pusat Penelitian Infrastruktur dan Kewilayahan)
  3. Geopore, jalan berpori (Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi)
  4. Diversifikasi Desain Mebel Bambu Melalui Teknik Pasak Sebagai Elemen Interior Rumah Tangga (Pusat Penelitian Produk Budaya dan Lingkungan)

  5. Pengembangan Framework E-learing Vidyanusa Untuk Mendukung Pendidikan Nasional Yang Efektif, Efisien, Berkapasitas Tinggi Dan Menyenangkan (Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi)

  6. Pemutakhiran Peta Sumber dan Bahaya Gempabumi Indonesia (Pusat Penelitian Mitigasi Bencana)
  7. Transformasi Gen Pengkode Aldh1 dan Bdr2, Enzim Kunci Dari Biosintesis Obat Antimalaria Artemisinin Pada Sel Ragi Saccharomyces Cerevisiae (Pusat Penelitian Biosains dan Bioteknologi)

Sebanyak 4 Pusat Unggulan Iptek (PUI), menampilkan:

    1. 4G Small Cell LTE, perangkat telekomunikasi dalam bentuk small cell, digunakan sebagai ekstensi dari macro cell BTS (Pusat Unggulan Iptek Broadband Wireless Access)

    2. Pengembangan Reaktor Pengolahan Air Limbah Tekstil Berbasis Nano Fotokatalis dengan Bantuan Sinar Matahari  (Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi)

  1. Fault Tolerant Autopilot dan Avionnics dengan Redundancy, sistem autopilot yang memanfaatkan redundansi hardware dengan metode hybrid (Triple Modular Redundancy dengan sebuah spare) (Pusat Unggulan Iptek Teknologi Pertahanan dan Keamanan)

  2. Sistem Transportasi Terintegrasi dan Berkelanjutan (Pusat Unggulan Iptek Sustainable Transportation Technology)

Sebanyak 14 dari 22 Pusat yang ada di ITB (3 diantaranya merupakan PUI), menampilkan:

  1. Alat Pelesap Energi Gempa Uniaksial (Uniaxial Seismic Energy Dissipater – Used) (Pusat Rekayasa Industri)
  2. Adaptasi Perikanan Tangkap Terhadap Perubahan Iklim Dan Variabilitas Iklim Di Wilayah Pesisir Selatan Pulau Jawa Berbasis Kejian Risik (Pusat Perubahan Iklim)

  3. Sistem Monitoring Dan Kontrol Pupuk Hidroponik Berbasis Website Untuk Kebun Hidroponik (Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi)
  4. Mesin Batik Fotonik, inovasi untuk mengganti peran matahari dalam proses pewarnaan batik (Pusat Pendayagunaan Open Source Software)

  5. Design and Testing of A Low-Cost Microcontroller Based Landslide Sensor For Early Detection Of Landslides In Indonesia (Pusat Pemberdayaan Perdesaan)

  6. Penerapan Teknologi Up-Flow Anaerobic Sludge Blanket (Uasb) Skala Pilot Untuk Mereduksi Chemical Oxygen Demand (Cod) Dan Warna Pada Air Limbah Tekstil Nyata (Pusat Studi Lingkungan Hidup)

  7. Applying Marine Spatial Planning In Lesser Sunda Ecoregion Indonesia (Pusat Kebijakan Publik dan Pemerintahan)

Selain itu, beberapa hasil riset ditampilkan pada booth Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) diantaranya:

  1. Pengujian dan Penyiapan Prototipe Kaki Palsu Atas Lutut Endoskeletal Menuju Technology Readiness Level 7 (LPIK)
  2. Rancang Bangun Next Generation Traffic Light Revolution Sistem Menuju Technology Readiness Level 7 (LPIK)
  3. Rekayasa Proses Hidrolisis Tandan Kosong Sawit Untuk Produksi Green Xilitol (LPPM)
  4. Complaint Management System (LPPM)